Pengamanan Bandara Halim Perdanakusuma Paling Ketat di RI

Pengamanan Bandara Halim Perdanakusuma Paling Ketat di RI

Meski terbilang kecil, keamanan Bandara Halim Perdanakusuma justru sangat ketat ketimbang bandara lain di Indonesia. Mengapa demikian?

Kepala Dinas Operasional Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Letkol Penerbang Mohamad Iman menjelaskan sebelum menjadi bandara komersial terjadwal, Bandara Halim Perdanakusuma telah melayani penerbangan komersial non terjadwal. Bandara yang berada di timur Jakarta tersebut menjadi gerbang untuk menyambut tamu kenegaraan dan bandara khusus bagi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Dia menyebut, Bandara Halim Perdanakusuma merupakan pangkalan militer yang memiliki keamanan khusus.

“Di mana posisinya penumpang kemiliteran ada kekhususan tertentu keistimewaan,” di Bandara Halim Perdanakusuma,

Bandara Halim Perdanakusuma dilengkapi dengan sistem pengamanan ring satu, karena bandara tersebut juga sebagai bandara kenegaraan. “Tempat berangkat RI satu dan RI dua, sehingga kemananan harus sangat tinggi. Keamanan ring satu Halim, satuan Polisi, Kodim dan Kodam,” jelasnya. Dan maskapai Citilink menjadi maskapai pertama kali yang lepas landas di bandara halim perdanakusuma.

Menurutnya, meski telah menjadi bandara komersial terjadwal sejak hari ini, Bandara Halim Perdanakusuma tetap dalam pengamanan khusus, selain itu instansinya tetap menjaga ketat jadwal penerbangan.

“Sehingga dengan hadirnya bandara sebagai komersial terjadwal, kami prisipnya mendukung kebijakan pemerintah namun tetap ada kekhususan tertetu. Pelaksanaan schedule slot pesawat kita atur seketat mungkin,” pungkasnya. Flyinc.

Leave a Reply