RI Jadi Negara Pertama yang Campurkan Avtur dengan BBN

RI Jadi Negara Pertama yang Campurkan Avtur dengan BBN

Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang mencampur bahan bakar avtur untuk pesawat dengan bahan bakar babati (BBN) atau disebut aviation biofuel.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan, saat ini instansinya sudah membuat tim riset untuk menerapkan campuran BBN dengan avtur. Tim riset tersebut diharapkan bisa bekerja lebih cepat sehingga tahun depan pesawat udara sudah menggunakan avtur yang dicampur dengan BBN.

“Tahun depan harus dimulai, implementasinya nanti tunggu tim kerja,” kata Mangindaan di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta.

Jika program sudah diterapkan, Mangindaan memasikan Indonesia akan menjadi negara pertama yang mencampurkan avtur dengan BBN. Namun hal ini perlu dorongan semua pihak.

“Tentunya kontribusi semua pemangku kepentingan mendorong Indonesia jadi negara pertama menerapkan aviation biofuel,” ungkapnya.

Menurut Mangindaan, di dalam rapat organisasi penerbangan dunia, pencampuran avtur dengan BBN itu baru sebatas imbauan. Namun, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah memerintahkan sejak tiga tahun lalu.

“Presiden sudah minta 3 tahun lalu, kita sudah mulai,” tutur dia.

Untuk tahap awal, lanjut dia, campuran bahan bakar tersebut ditargetkan 2%, lalu akan ditingkatkan 3% pada 2020 menjadi 5% pada 2025.

“(Penyerapan ) Itu menjadi tantangan kita, kerja positif mensinergikan elemen-elemen sehingga dapat menjadi daya ungkit maksimal memenuhi target itu,” pungkasnya. Flyinc.

Leave a Reply