Akhir Mei, Garuda Buka Rute Jakarta-Amsterdam

Akhir Mei, Garuda Buka Rute Jakarta-Amsterdam

Garuda Indonesia akan melayani penerbangan langsung Jakarta-Amsterdam mulai 30 Mei 2014 mendatang. Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan layanan penerbangan nonstop Jakarta-Amsterdam dibuka seiring dengan bergabungnya Garuda Indonesia dalam aliansi global SkyTeam pada 5 Maret 2014.

“Amsterdam akan menjadi gerbang baru bagi para penumpang Garuda yang hendak melanjutkan penerbangannya ke destinasi-destinasi beyond Eropa, terutama ke sebanyak 1.064 kota tujuan di 178 negara di seluruh dunia yang dilayani oleh maskapai-maskapai anggota SkyTeam,” kata Emirsyah melalui keterangan tertulis, Selasa, 18 Maret 2014.

Penerbangan direct dan nonstop tersebut akan dilayani oleh pesawat terbaru Boeing 777-300ER yang mampu terbang hingga 15 Jam atau menempuh jarak 14.490 kilometer nonstop. Saat ini Garuda Indonesia melayani penerbangan rute Jakarta-Amsterdam dengan satu persinggahan di Abu Dhabi menggunakan pesawat Airbus A330-200.

Juru bicara PT Garuda Indonesia Tbk, Pudjobroto, mengatakan, dengan dioperasikannya penerbangan langsung Jakarta-Amsterdam, maka selanjutnya rute Jakarta-Abu Dhabi akan dilayani melalui kerja sama codeshare dengan Etihad Airways sebagai tindak lanjut dari codeshare agreement di antara kedua maskapai penerbangan yang ditandatangani pada Oktober 2011 lalu.

Rute Jakarta-Amsterdam ini rencananya terhubung dengan rute internasional terbaru Garuda Indonesia, London Gatwick, mulai 8 September 2014. Rute penerbangan tersebut akan terkoneksi dengan layanan penerbangan nonstop Jakarta-Amsterdam sehingga rute awal Jakarta-London disesuaikan menjadi Jakarta-Amsterdam-London.

Pujobroto mengatakan Garuda Indonesia akan melayani rute penerbangan langsung Jakarta-Amsterdam maupun Jakarta-Amsterdam-London sebanyak lima kali setiap minggu. Penerbangan tersebut rencananya menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER yang berkapasitas 314 penumpang, terdiri dari delapan kursi first class, 38 kursi business class, dan 268 kursi economy class. Flyinc.

Leave a Reply