7 Cara Menjaga Kesehatan Sebelum Naik Pesawat

7 Cara Menjaga Kesehatan Sebelum Naik Pesawat

Pesawat terbang merupakan sarana transportasi yang cukup praktis dan nyaman jika Anda ingin berpergian ke luar kota atau luar negeri. Namun ada saja hal-hal yang bisa membuat tidak nyaman atau kondisi tubuh yang menurun karena perbedaan suhu maupun tekanan udara. Rasa tidak nyaman bisa lebih terasa ketika Anda melakukan perjalanan lama dan jauh. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, berikut ini tujuh hal yang perlu Anda lakukan selama di pesawat, seperti dikutip dari All Women Stalk. 

1. Bawa Botol Air Mineral Kosong
Menjaga cairan dalam tubuh agar tidak dehidrasi sangat penting. Oleh karena itu, lebih baik sebelum boarding perbanyak minum air mineral agar ketika sudah berada di dalam pesawat Anda tidak merasa kehausan dan tidak perlu repot mencari air. Dengan botol kosong di tangan maka dengan mudah Anda bisa meminta pramugari untuk mengisi air ke dalam botol tersebut. Minum air secukupnya, itu kuncinya! 

2. Gunakan Toilet di Terminal Keberangkatan
Toilet di dalam pesawat adalah tempat yang paling tidak higienis. Disarankan untuk tidak menggunakan toilet pesawat sebisa mungkin selama Anda melakukan perjalanan udara. Namun jika Anda dalam keadaan terdesak di dalam pesawat, maka gunakanlah tisu toilet untuk membersihkan dudukannya dan jangan lupa mencuci tangan setelahnya. 

3. Hindari Mengucek Mata Terlalu Sering 
Kontak antara mata dan tangan merupakan tempat perpindahan kuman melalui saluran mata yang pada akhirnya akan berkembang biak di bawah tenggorokan, kemudian berpotensi menjadi penyakit flu. Jadi, untuk menghindari kejadian tersebut ada baiknya Anda memakai kacamata selama penerbangan. 

4. Bawa Selimut dan Bantal Kecil 
Selimut dan bantal kecil adalah dua properti utama yang bisa membuat penerbangan Anda semakin terasa nyaman. Bantal akan menopang leher bagian belakang dan mencegah nyeri punggung serta selimut akan menghangatkan Anda. Have a great flight. 

5. Konsumsi Makanan Bergizi sebelum Terbang 
Apakah Anda yakin dengan makanan yang disajikan di dalam pesawat terbang? Tahukah Anda dari mana makanan itu berasal dan bagaimana penyajiannya? Daripada mencemaskan hal-hal tersebut, lebih baik Anda mengisi perut di bandara pesawat sambil menunggu penerbangan. 

6. Hindari Minum Alkohol 
Jika ingin bisa tidur nyenyak dan relaks selama penerbangan, alkohol bukan jawabannya. Alkohol justru merusak kesehatan Anda. Selain menurunkan sistem kekebalan tubuh, tekanan kabin dalam pesawat juga akan membuat Anda dehidrasi meminum alkohol. Obat tidur herbal dan teh chamomile bisa jadi alternatif pilihan pengganti alkohol.

7. Mencegah Sakit pada Telinga 
Rasa sakit pada telinga ini disebabkan oleh perubahan tekanan udara di dalam pesawat. Biasanya terasa lebih parah saat landing dan take off. Anda disarankan untuk mengunyah permen karet atau menghisap camilan manis menggunakan otot rahang untuk mengurangi rasa sakit. Menguap, menelan, sedikit berteriak mampu mencegah sakit pada telinga. Pilihan lain adalah dengan saringan penutup telinga atau tabung telinga sesuai dengan resep dokter. 

Demikianlah seputar 7 Cara Menjaga Kesehatan Sebelum Naik Pesawat. Semoga bermanfaat untuk anda kawan Flyinc, yang sedang ingin pergi menaiki pesawat terbang. Selamat mencoba.