Wisata Danau Situ Ciburuy Padalarang Bandung

Wisata Danau Situ Ciburuy Padalarang Bandung

Danau Ciburuy atau yang lebih dikenal dengan Situ Ciburuy merupakan Objek Wisata Danau terkenal di Bandung. Jika Anda datang dari Jakarta menuju kota Bandung sudah pasti Anda akan melewati area Situ Ciburuy. Faktor ini pula yang membuat objek wisata situ Ciburuy semakin terkenal karena mudah dicapai oleh pengunjung.

Kawasan Wisata Danau Situ Ciburuy terletak di Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Bandung. Jaraknya kira-kira sekitar 25 kilometer dari pusat kota Bandung. Namun tempatnya sangat strategis karena terletak di pinggir jalan raya Bandung ke Padalarang. Untuk mencapai tempat ini dengan kendaraan pribadi, Anda dapat keluar di tol Padalarang lalu mengambil arah ke Cianjur. Setelah sampai di terminal bis Damri, Anda langsung saja parkir di sebelah kanan jalan dimana Situ Ciburuy sudah pasti terlihat.

Jika Anda ingin mencapai Objek Wisata Danau Situ Ciburuy ini dengan menggunakan kendaraan umum, maka Anda cukup menggunakan bis Damri yang banyak melewati di jalan-jalan protokol kota Bandung. Dari arah Alun-Alun kita dapat menaiki bis Damri dengan tujuan akhir Ciburuy, atau bisa juga menaiki bis dengan tujuan akhir Kota Baru Parahyangan. Kedua bis ini akan berhenti di tempat yang sama, hanya saja jalurnya yang berbeda. Mudahnya naik bis Damri tersebut karena terminal bis ini tepat berada di halaman luar kawasan wisata Situ Ciburuy.

Danau Situ Ciburuy sebenarnya terbentuk dari dua buah sungai kecil yang ujungnya bertemu di satu desa kecil bernama Ciburuy. Pada tahun 1918, area dimana pertemuan dua sungai kecil itu dibendung oleh warga untuk membuat pengairan sawah di desa mereka, namun bendungan itu tidak cukup untuk menahan banyaknya air hingga wilayah tersebut menjadi tergenang hampir seluas 15 hektar. Masyarakat lalu memberi nama danau itu dengan sebutan Situ Ciburuy, dimana Situ dalam bahasa Sunda berarti danau, dan Ciburuy diambil dari nama desa itu sendiri.

Keunikan Objek Wisata Danau Situ Ciburuy Padalarang ini terletak pada pulau kecil yang ada di tengah danau. Daratan berbentuk pulau itu juga sering menjadi tujuan pengunjung Situ Ciburuy saat menyewa perahu. Kalau Anda berencana datang pada siang hari, jangan lupa membawa bekal, lalu sewalah perahu untuk menuju pulau ini. Rasakan nikmatnya istirahat sambil makan siang di tengah danau sambil melihat perahu-perahu lain lalu lalang. Pulau kecil itu ditumbuhi pepohonan yang rindang sehingga membuat suasana semakin nyaman dengan udara khas Bandung yang sejuk.

Demikianlah Flyinc,  Wisata Alam Indonesia tentang keindahan  Wisata Danau Situ Ciburuy Padalarang Bandung pada kesempatan kali ini. Selamat berwisata.