Wisata Pulau Manuk Serang Banten

Wisata Pulau Manuk Serang Banten

Pulau Manuk atau yang biasa di sebut dengan Pulau burung merupakan salah satu objek wisata pulau yang wajib Anda kunjungi saat berada di wilayah Banten. Pulau Manuk ini sendiri terletak di Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Kawasan Wisata Pulau Manuk ini menjadi salah satu pulau wisata andalan Provinsi Banten dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pesona keindahan pantai di pulau yang berada tidak terlalu jauh dari Pantai Sawarna ini sungguh begitu eksotik. Anda akan menemukan hamparan gugusan karang dengan ukuran besar, butiran pasir berwarna putih bersih, serta airnya yang berwarna biru jernih, akan menjadi salah satu pemandangan yang menghiasi pantai di Pulau Burung tersebut.

Nama Pulau Manuk atau Pulau Burung ini sendiri disematkan pada emiliki luas sekitar 30 hektar dan berada dilepas pantai Banten tersebut, ternyata menjadi sebuah kawasan wisata cagar alam yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Banten, dimana terdapat beraneka jenis burung yang hidup didalamnya. Terdapat sekitar 14 ribu ekor burung dari berbagai spesies, diantaranya Elang Jawa, Burung Bangau, Belibis, serta beberapa jenis hewan lainnya, seperti Lutung dan Siamang, yang dilindungi dilokasi wisata cagar alam Pulau Burung tersebut.

Akses Menuju Objek Wisata Pulau Manuk

Untuk menuju Objek Wisata Pulau Manuk Pulau Burung atau Pualu Manuk ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 90 kilometer lebih dari kota Jakarta menuju Serang Banten. Yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum pedesaan menuju desa Kasemen dan menempuh jarak sekitar 20 kilometer. Terhitung untuk sampai di desa kasemen kita akan menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 6 jam untuk sampai. Dari Kasemen inilah, untuk sampai dilokasi wisata Cagar Alam Pulau Burung kita dapat berjalan kaki melalui kota Banten Lama atau menggunakan jasa penyebrangan dengan perahu yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit melalui daerah Sawah Luhur, Kasemen.

Bagi Anda yang ingin bermalam di Objek Wisata Pulau Manuk Serang, disarankan untuk bermalam di Pulau Umang. Disini ada berbagai jenis penginapan dipulau yang diperkirakan hanya memiliki luas sekitar 5 hektar tersebut, mulai dari cottage hingga hotel ataupun resort yang menawarkan banyak fasilitas yang memadai. Selain itu terdapat pula beberapa restaurant untuk menemani anda berwisata kuliner, serta berbagai fasilitas olahraga air. Jadi, Anda dapat menjadikan Pulau Umang sebagai lokasi wisata untuk bersantai setelah berkunjung dan menikmati pesona Cagar Alam Pulau Burung atau Pulau Manuk.

Demikianlah Flyinc,  Wisata Alam Indonesia tentang pesona keindahan kehidupan burung di Wisata Pulau Manuk Serang Banten pada kesempatan kali ini. Selamat berlibur.