Tips Memilih Manajer Investasi Reksadana Yang Baik

Keuntungan investasi reksadana

pada umumnya, manajer investasi reksadana memang menawarkan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dengan menginvestasikan oleh investor. namun perlu ditinjau kembali mengingat sering terjadinya penipuan yang berkedok investasi. selain itu, biasanya juga modal untuk dana investasi tidaklah sedikit. perlu uang setidaknya hitungan juta atau bahkan ratusan juta dalam bisnis investasi. seiring dengan maraknya penipuan berkedok investasi, maka bagi yang ingin terjun ke bisnis ini dituntut untuk mengetahui manajer investasi yang baik agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

 

di bawah ini adalah cara memilih manajer investasi reksadana yang baik.

 

jam terbang serta pengalaman. sebaiknya, pilihlah manajer investasi yang memiliki pengalaman serta jam terbang yang bertahan lama setidaknya minimal selama 7 tahun. apalagi lebih dari 7 tahun, dengan pengalaman yang lama dan jam terbang yang pengalaman pula, maka dapat dikatakan manajer investasi tersebut masih dapat dipercaya oleh perusahaan maupun para investor.

gaya investasi. pada umumnya, manajer investasi selalu memberikan laporan perkembangan bisnisnya secara rutin di pertengahan tahun. pelajari hasil laporan manajer investasi tersebut, perhatikan juga jenis saham atau obligasi.

biaya. pilihlah manajer investasi yang memasang harga sesuai dengan kriteria bisnis yang dijalankan. jika manajer investasi memasang tarif yang tinggi, perhatikan bisnis yang dikelola manajer investasi. jika manajer investasi memang kompeten, maka sangat wajar jika tarif yang dipasang sangat tinggi.