Program Studi Favorit IPB

IPB

Sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia, Institut Pertanian Bogor merupakan salah satu universitas yang paling banyak diincar oleh para calon mahasiswa dan calon mahasiswi di seluruh Indonesia. Dengan banyaknya kontribusi kampus yang sering disingkat menjadi IPB ini, tidak heran banyak sekali yang meminati setiap jurusan di kampus yang beralamat di daerah Dramaga Bogor Jawa Barat ini. Banyak faktor, tapi faktor utamanya adalah kemudahan bagi para mahasiswanya setelah lulus dari IPB untuk mencari pekerjaan di bidang pertanian dan peternakan dengan mudah.

Tercatat ada banyak program studi menarik di IPB, tapi jika diurutkan berdasarkan statistik, ada 7 program studi favorit yang menjadi incaran para calon mahasiswa dan calon mahasiswi IPB. Salah satu program studi paling digemari oleh para mahasiswa adalah program studi Teknologi Pangan yang banyak menghasilkan lulusan-lulusan top di seluruh Indonesia yang berkontribusi besar bagi dunia pangan Indonesia bahkan dunia. Setelah Teknologi Pangan, masih ada program studi Ilmu Gizi, Teknik Industri Pertanian, Agribisnis, Statistik dan juga program studi Kedokteran Hewan.

Melihat banyaknya peminta yang menggandrungi program studi yang disediakan IPB, pihak kampus sendiri hanya menyediakan sekitar 10% kursi untuk para calon mahasiswa dan calon mahasiswinya. Terhitung hanya ada sekitar 100 kursi disediakan untuk para calon mahasiswa dan calon mahasiswi yang mengambil program studi Teknologi Pangan, 60% diantaranya adalah jatah dari jalur SNMPTN. Tidak heran jika IPB makin digandrungi, karena inovasi yang dilakukan pun terus bertambah tiap tahunnya.