Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya

Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan kategori strato atau gunung yang mirip kerucut dengan ketinggian 2.167 mdpl. Di kawasan ini terdapat 2 Objek Wisata Alam Indonesia yang bisa dikunjungi, yaitu Danau Kawah dan Pemandian Cipanas. Dari pintu masuk, jika Anda ingin ke lokasi kawah maka ambillah jalan ke kiri, sedangkan yang akan ke Pemandian Cipanas mengambil jalan ke arah kanan.

Untuk menuju lokasi Danau Kawah yang ada di Objek Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya, Anda akan melewati sekitar 620 anak tangga yang menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto. Di dasar kawah, Anda dapat menikmati pesona alamnya yang eksotis dan menarik. Di lokasi tersebut juga terdapat sungai dari resapan Danau Kawah, gua, terowongan air menuju Sungai Cibanjaran dan Cikunir, serta masjid.

Sementara itu, lokasi Pemandian Cipanas tidak begitu jauh dari pintu masuk dan dapat di akses dengan berjalan kaki. Di kawasan seluas 3 ha ini terdapat 2 lokasi pemandian, masing-masing dikelola oleh pemerintah daerah setempat dan Perhutani. Di kawasan ini terdapat kolam renang, kamar mandi, dan bak berendam. Selain kedua objek tadi, di kawasan Objek Wisata Gunung Galunggung ini juga terdapat wahana wisata seluas 120 ha. Udaranya segar dan enak untuk dijadikan tempat bersantai dan berkemah.

Objek Wisata Gunung Galunggung terletak di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Sekitar 20 km dari Tasikmalaya. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, sebaiknya tururn di Terminal Bus Tasikmalayadan melanjutkan perjalanan dengan angkutan kota jurusan Terminal-Galunggung-Singaparna dengan ongkos sekitar Rp 5000,-per orang atau menyewa jasa ojek maupun pick up. Jika belum dinaikkan oleh pihak pengelola, harga tiket masuk di kawasan Objek Wisata Gunung Galunggung ini sekitar Rp 3000,- per orang.

Di kawasan Objek Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya ini juga terdapat berbagai fasilitas, seperti areal parkir yang luas dan aman, masjid, kafe, sarana bermain anak-anak, kolam renang, arena pertunjukkan, tempat berkemah, dan pusat pembelian oleh-oleh. Soal penginapan, tersedia wisma maupun hotel dengan tarif beragam.