Raja ampat, surga dari papua

raja-ampat07Sebagai negara Indonesia tentu cukup bangga juga mempunyai obyek wisata yang beberapa waktu terakhir mulai di kenal, yakni Raja Ampat. Raja Ampat yaitu tempat surgawi-nya untuk beberapa penggemar penyelam dibawah laut. Tidak cuma keindahan bawah laut saja yang dapat kita nikmati, tetapi panorama pantai serta kepulauannya juga menarik untuk dipandang serta dikunjungi. Menurut penulis untuk siapapun yang berkunjung ke Raja Ampat bakal terkesima dengan keindahan alamnya, tetapi cuma saja satu hal yang butuh dikerjakan yakni mesti lakukan perjalanan yang cukup jauh serta cukup banyak lakukan transit, sudah pasti perjalanan seperti itu bisa bikin kita capek serta lama di diperjalanan.

Dari mulai keberangkatan menuju ke Raja Ampat, pertama kita bisa pesan ticket pesawat maksud Sorong yang terdapat di Papua Barat Indonesia, banyak terdapat pilihan armada pesawat lokal yang terbang ke sana. Rute perjalanan pesawat bermacam, ada yang berkunjung terlebih dulu di Surabaya, Makasa Ujung Pandang atau Ambon. Tetapi maksud pada akhirnya yaitu ke kota Sorong itu. Di dalam lakukan transit pesawat ada maskapai yang memakai satu type pesawat saja dari mulai keberangkatan sampai hingga ke Sorong, tetapi ada pula maskapai yang memakai beragam jenis type pesawat (ubah pesawat sewaktu transit), anjuran penulis yaitu mencari maskapai yang memakai satu pesawat saja dari mulai pergi sampai tiba di tujuan, supaya kita tak capek, serta umumnya menuju Sorong pesawat yang dipakai ada yang memakai jet ataupun baling-baling, cocokkan dengan kenyamanan kita.

Sesampai di Sorong, waktunya menyeberang ke pulau yang namanya Raja Ampat memakai transportasi angkutan laut, serta cuma sediakan 1 kali keberangkatan sehari-harinya, yakni jam 2 siang. Apabila pesawat anda tiba di Sorong pagi hari jadi anda mesti menunggunya, kebanyak beberapa wisatawan berkunjung dulu di hotel-hotel paling dekat sembari menanti saat. Karena pelabuhan Sorong cuma lakukan perjalanan 1 kali menuju Raja Ampat, jadi penumpangnya juga demikian banyak, bercampur pada wisatawan-wisatawan dengan orang-orang lokal di sana. Ada 2 kelas di dalam kapal transportasi Marina, kelas umum ada di bagian bawah kapal, sedang kelas VIP ada di bagian atas kapal, tetapi keduanya disiapkan AC. Pengalaman penulis pada saat pergi AC tak menyala atau penumpang sangatlah penuh hingga merasa hangat. Perjalan dari pelabuhan Sorong menuju pelabuhan Waisai Raja Ampat yaitu seputar 2 sampai 2, 5 jam.

Tibalah di pelabuhan Waisai Raja Ampat. Waisai yaitu ibukota kabupaten Raja Ampat. Dari mulai Waisai inilah kita bisa menjelajah isi dari keindahan Raja Ampat. Dari pelabuhan Waisai menuju penginapan (cottage) seputar 30 menit, ada yang memakai kapan boat atau kendaraan mobil, bergantung penginapan kita ada di mana. Jadi cukup melelahkan perjalan dari mulai keberangkatan Jakarta menuju Raja Ampat dapat menggunakan saat 21 jam-an. Sesampai di penginapan telah sore hari, hal yang bisa dikerjakan yaitu beristirahat sambil nikmati panorama senja dikepulauan Raja Ampat.

Raja Ampat mempunyai empat pulau besar yakni pulau Waigeo, Misool, Salawati serta Batanta. Semasing pulau mempunyai tempat penginapan. Biasanya yang banyak dipakai yaitu di pulau Waigeo serta Misool. Harga penginapan cottage bermacam ada yang menghidangkan dengan harga mata duit Euro serta Rupiah, tetapi semakin banyak memakai dengan Euro, lantaran memanglah cottage-cottage di sana dimilik oleh warga negara asing.

Mengapa Raja Ampat jadi tempat menarik untuk beberapa penggemar selam? Raja Ampat adalah tempat yang masih tetap mengimpan banyak type karang serta type ikan. Didunia ada 537 type karang, 75% nya ada di sini. Serta diperairan Raja Ampat inilah juga diketemukannya 1. 104 type ikan, 537 hewan karang serta 670 type moluska. Begitu megahnya bukanlah kekayaan alam Raja Ampat (Indonesia)?

Apabila anda ada di Raja Ampat, tak perlu jauh-jauh ditengah laut, cukup ada di depan cottage, anda kerjakan snorkeling jadi anda telah dapat lihat dari atas laut ragamnya karang serta ikan-ikan yang menarik. Terutama apabila anda bisa lakukan menyelam dari mulai kedalaman 4 mtr. sampai 7 mtr. saja anda telah dapat temukan kura-kura. Bagaimanakah dengan ikan Nemo? anda cukup menyelam 2 mtr. saja dari permukaan laut anda telah dapat lihat ikan-ikan nemo, ikan-ikan itu tak gampang lari, bahkan juga apabila gerakan anda tak mencengangkan kita bisa menyentuh ikan-ikan itu.

Apabila anda lebih membulatkan tekad lagi menyelam sampai kedalaman di atas 10 mtr. anda bakal semakin banyak lagi lihat keindahan bawah laut, demikian banyak macam terumbu karang dengan bentuk serta corak yang bikin mata akan tidak capek untuk melihatnya. Penulis tanpa ada sadar lakukan penyelaman sampai di kedalaman 16 mtr., dengan cara kaget penulis lihat ikan yang sangatlah besar yakni ikan pari Manta! yang ukuran lebih kurang sebesar perahu boat, ikan Manta itu seolah lakukan atraksi melayang serta berputar-putar di ruang itu. Betul-betul keindahan dibawah laut bikin anda lupa diri, serta mau berlama-lama didalam laut. Bermacam hewan laut yang belum pernah anda saksikan, bakal gampang anda dapatkan di sana.

Didaerah kepulauan laut serta pantai seperti ini telah pasti beberapa makanan ala sea-food juga gampang didapat, penulis di ajak kesuatu pulau di sana ada nelayan yang jual udang lobster, dapat dibeli serta dibawa ke cottage lantas dimasak. Sepanjang hari capek dengan menyelam, malam harinya menyantap lobster dengan lahap. Sensasi yang mengagumkan didapat dari berwisata ke Raja Ampat.

Untuk kembali ke Jakarta, rute perjalanan yang cukup lama itu mesti ditempuh kambali, tetapi dari pelabuhan Waisai Raja Ampat, ada 2 kali keberangkatan menuju pelabuhan Sorong, yakni keberangkatan pertama jam 10 pagi serta keberangkatan ke-2 jam 2 siang. Transportasi laut Marina yang dipakai juga ada 2 kelas (umum serta VIP). Perjalanan yang cukup lama ini semoga nantinya telah tak perlu lagi, lantaran kabupaten Raja Ampat sudah bangun bandara sendiri, kita tunggulah saja apabila bandara di Raja Ampat telah jadi, kemungkinan wisatawan-wisatawan bakal semakin banyak lagi bertandang. Serta kamu-kamu yang belum pernah ke Raja Ampat dapat selekasnya ke sana untuk lihat keindahan laut yang indah mengagumkan!