Perbedaan e-paspor dan paspor konvensional

Seputar satu tahun waktu lalu, orang-orang traveler Indonesia lagi terserang kehebohan karena timbulnya berita bahwa Pemerintah Jepang memberlakukan ketentuan bebas visa buat warga negara Indonesia yang memegang e-paspor. Anda mungkin saja bakal mengerutkan kening jika baru pertama kali mendengar arti ini. Agar semakin kece, yuk ikuti kajian perihal e-paspor di bawah ini.

E-paspor, atau paspor biometrik pada intinya yaitu satu type paspor yang dilengkapi dengan data biometrik juga sebagai salah satu elemen pengaman paspor. Data biometrik ini tersimpan dalam suatu chip memiliki ukuran mini yang ditanamkan dalam paspor kita, yang berisi data biometrik muka serta sidik jari pemegangnya.

E-paspor juga diklaim lebih aman bila dibanding dengan paspor elektronik, serta lebih ramah lingkungan lantaran kurangi penggunaan kertas. Argumen-alasan inilah yang bikin sebagian negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Austalia, Swedia, dan lain-lain mewajibkan orang asing yang datang bertandang harus tunjukkan e-paspor.

Dengan cara fisik, hampir tidak ada ketidaksamaan pada e-paspor serta paspor konvensional. Bedanya cuma terdapat pada chip didalam e-paspor. Demikian pula dalam prosedur mengajukan e-paspor, travelers. Anda cukup membawa dokumen asli sejenis KTP, Kartu Keluarga serta Akta Kelahiran, dan memfotokopikannya di selembar kertas ukuran A4, sama juga dengan prosedur mengajukan paspor konvensional.

Jika juga ada ketidaksamaan pada e-paspor serta paspor elektronik, itu cuma terdapat pada biaya pembuatannya. Yakni seputar Rp 655ribu untuk e-paspor setebal 48 halaman. Sedang paspor konvensional dengan jumlah halaman yang sama cuma memerlukan cost seputar Rp 300 ribu.

Dengar-dengar sih pemerintah Indonesia bakal mengaplikasikan kebijakan harus e-paspor mulai th. ini, travelers. Jika anjuran sih mending anda bikin e-paspor saja, lantaran bakal lebih untungkan buatmu, travelers. Di Bandara Soekarno-Hatta anda tidak butuh antri di pintu kontrol imigrasi, tetapi segera menuju autogate penerbangan internasional serta terbang ke negara maksud liburanmu. Untuk yang belum tahu langkah bikin e-paspor, dapat baca panduan gampang bikin e-paspor terlebih dulu.

Nah, e-paspor selekasnya beres, anda siap traveling ke manapun maksudmu. Janganlah lupa rencanakan perjalananmu terlebih dulu.