Usaha Agen Perjalanan, Mudah Dimulai Tetapi Perlu Pertimbangan

Bisnis Tour and Travel

Membuka bisnis tour and travel adalah pilihan usaha yang menguntungkan dan juga selalu diperlukan. Anda tidak butuh modal yang terlalu banyak, hanya koneksi internet yang bagus dan komputer, beserta printer. Bahkan jika Anda adalah agen dari agensi yang lebih besar seperti agen Alfafa, maka mayoritas dari kebutuhan Anda bisa dilakukan dari ponsel sendiri.

Tetapi kalau Anda hendak membuka usaha tour and travel ini sendiri, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal, yaitu:

  1. Masih menjadi usaha sampingan

Kalau Anda berpikir bahwa usaha semacam ini akan menjadi mata pencaharian Anda yang utama, maka kesampingkan dulu angan-angan tersebut. Kenapa? Hal ini karena agen untuk tiket online selalu bertambah, namun kalangan masyarakat yang memerlukannya sendiri tidak meningkat sepesat itu, jadi lakukan usaha ini sebagai bisnis sampingan dulu.

  1. Harus punya koneksi internet baik

Sudahkah Anda mempunyai koneksi internet yang bagus di tempat Anda? Sistem dari ticketing online yang diperlukan sebagai inti dari usaha perjalanan ini sangat membutuhkan layanan internet yang reliable dan tidak sering putus.

  1. Gabungkan dengan beberapa bisnis lain

Biasanya, pada akhirnya para agen tiket perjalanan ini juga menjadi distributor untuk software sistem tiket online. Hal ini karena justru keuntungan yang lumayan bisa didapatkan dari usaha ini.

Bukan berarti Anda sebaiknya tidak melakukan usaha ini, namun harap juga Anda bersikap realistis ketika akan melakukannya. Namanya juga usaha, pasti akan ada pasang surutnya. Meski bisnis perjalanan selalu mempunyai peminatnya sendiri, namun Anda memerlukan lebih dari sekedar antusiasme dan peralatan di atas untuk bisa sukses. Anda akan butuh koneksi yang cukup luas, dan tetap harus fokus dalam usaha ini, dengan tidak meninggalkan pekerjaan Anda yang lama.

Jadi, bisnis tour and travel memang menjadi bisnis yang omzetnya menguntungkan, apalagi modal yang dibutuhkan tidaklah besar. Namun Anda juga harus mempertimbangkan untuk mendiversifikasi usaha Anda sehingga tidak stuck di satu tempat saja, dan memahami bahwa sekarang ini persaingan sudah semakin ketat. Anda ingin sukses? Maka mulai dari sekarang perbanyak koneksi!