penyakit diare

Gejala Penyakit Diare dan Faktor Penyebabnya

Air yang kurang bersih banyak menyebabkan penyakit di masyarakat, salah satunya adalah diare. Tentunya sudah banyak diantara Anda yang mengenal bahkan pernah mengalami masalah yang satu ini bukan. Diare memang penyakit lama yang hingga sekarang ini masing banyak menimpa masyarakat, meskipun sudah ditemukan berbagai macam obat untuk mengatasinya nyatanya tak mampu untuk menekan Angka kematian yang disebabkan oleh diare. Gejala penyakit diare adalah buang air besar secara terus-menerus, memang tergolong biasa namun jika dibiarkan akan berdampak pada kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi.

Gejala diare pada anak ini terkadang juga disertai dengan muntah, istilah lainnya dikenal dengan muntaber. Muntah dan berak, tak heran jika kemudian banyak diantara angka kematian terbesar pada penderita penyakit ini adalah dari usia 0 hingga 7 tahun atau masa bayi hingga anak-anak. Jadi bagi para orang tua sangat wajib memperhatikan kondisi anaknya. Diare ternyata bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah:

  • Kondisi lingkungan yang tak bersih, mereka yang tinggal di tempat kumuh tentunya akan dengan mudah terinfeksi berbagai macam penyakit karena memang banyak sekali bakteri-bakteri yang berkembang biak di sekitarnya.
  • Salah dalam konsumsi makanan, tahukah kamu bahwa penularan paling banyak adalah dari makanan, beberapa jenis diare memang bukan karena bakteri yang ikut masuk ke dalam usus, melainkan karena konsumsi makanan yang tak cocok dengan kondisi perut Anda, semisal adalah terlalu pedas dan jug asam.
  • Minum air yang tak dimasak, meskipun pada dasarnya kita melihat air tersebut benar-benar bersih, namun itu hanya dari pandangan mata saja, coba periksakan berapa kandungan bakteri berbahaya yang ada di dalamnya.
  • Tak pernah mencuci tangan, cuci tangan sangat penting dalam memutus rantai persebaran penyakit, aktivitas apapun khususnya sebelum makan dan sesudah keluar kamar mandi diwajibkan untuk cuci tangan.

Itulah beberapa hal umum yang menjadi penyebab munculnya penyakit ini, saat Anda merasakan gejala penyakit diare segera datang ke dokter.