Indahnya Hutan Mati Di Garut

Indahnya Hutan Mati Di Garut

Di Indonesia banyak sekali hutan yang merupakan paru-paru dunia. Di Indonesia tepatnya di daerah Garut jawa barat terdapat yang namanya hutan mati yaitu hutan yang pohon-pohonnya sudah mati akibat dari letusn gunung papandayan pada tahun 2002 dan hingga kini hutan mati tersebut dijadikan tempat wisata bagi wisatawan lokal garut maupun luar garut dan bahkan banyak sekali pendaki gunung yang mengabadikan keindahan hutan mati ini. Sesuai dengan namanya bahwa hutan mati itu akan terlihat angker jika dilihat secara sekilas karena banyak tumbuhan berwarna hitam disana tetapi jika kita lihat lebih dekat lagi, maka hutan tersebut akan kelihatan sangat indah dengan ratusan pohon cantigi yang berwarna hitam dan kita akan semakin nyaman ketika berwisata ke gunung papandayan yang terletak di Garut Jawa Barat.

Hutan mati ini tidak terlalu jauh dari tempat parkir kendaraan kita dan dengan alasan ini banyak sekali wisatawan yang datang ke gunung yang meletus pada tahun 2002 ini. Tentu tidak setiap letusan gunung merapi itu berdampak negatif tetapi ada sisi positifnya yang bisa kita ambil hikmahnya. Salah satu sisi positif bagi masyarakat yang ada di sana adalah banyaknya wisatawan yang datang kesana dan tentu ekonomi masyarakat yang ada di sana akan meningkat karena sekarang ini gunung papandayan telah menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal maupun luar daerah.

Adanya hutan mati di kawasan gunung papandayan dapat menyedot perhatian banyak wisatawan baik wisatawan daerah maupun luar daerah bahkan wisatawan asing pun ada yang berwisataw ke gunung papandayan karena penasaran ingin melihat secara langsung hutan mati yang sangat indah yang diakibatkan oleh letusan gunung papandayan pada tahun 2002. Mereka rela meluangkan banyak waktu dan tenaga yang cape untuk bisa menempuh ke hutan mati ini. Apalagi jika musim liburan tiba atau akhir pekan, kawasan gunung papandayan ini banyak sekali dikunjungi wisatawan dari Garut, Jakarta, Tasikmalaya dan sekitarnya. Tentu Untuk warga yang ada disana ini adalah sebuah keuntungan untuk memperbaiki ekonomi mereka.