Orang Tua Wajib Tahu Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Sebagai orang tua, anak sudah pasti menjadi prioritas utama. Untuk itu, pertumbuhan dan perkembangan anak juga harus selalu diperhatikan. Banyak orang tua yang mengira jika pemenuhan gizi adalah satu-satunya hal yang berpengaruh terhadap anak, padahal perlu diketahui bahwa banyak sekali faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak selain hal tersebut. Itulah mengapa informasi terkait faktor tersebut juga penting diketahui bagi setiap orang tua.

Orang Tua Wajib Tahu Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Secara umum, anak memiliki pola tumbuh kembang normal dan merupakan hasil dari interaksi dari banyaknya faktor baik internal maupun eksternal. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, diantaranya:

Faktor internal:

Ras atau etnis atau bangsa: Anak yang lahir dari ras Eropa, maka akan memiliki kulit dan tinggi seperti orang Eropa kebanyakan, sehingga membedakan dari postur tubuh bangsa lainnya.
Keluarga: Adanya kecenderungan pada tiap-tiap keluarga yang mempunyai postur tubuh pendek, tinggi, kurus atau gemuk.
Umur: Masa pertumbuhan yang cepat adalah pada masa prenatal, tahun-tahun pertama kehidupan dan juga masa remaja.
Jenis kelamin: Fungsi reproduksi yang dimiliki oleh anak dengan jenis kelamin perempuan mampu berkembang lebih cepat dibandingkan dengan anak laki-laki. Namun setelah masa pubertas usai, maka pertumbuhan anak jenis kelamin laki-laki cenderung akan lebih cepat.
Genetik: Faktor bawaan yang berpotensi dibawa oleh anak-anak sehingga bisa menjadi ciri khas, misalnya kerdil.
Kelainan kromosom: Pada kelainan kromosom, biasanya juga disertai dengan pertumbuhan yang gagal seperti sown syndrome.

Faktor eksternal:

Faktor prenatal:

Gizi: Nutrisi yang didapat oleh ibu hamil terutama pada trimester terakhir masa kehamilan akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan janin yang dikandungnya.
Mekanis: Posisi tidak normal pada fetus mampu menyebabkan kongenital misalnya club foot.
Zat kimia: Obat-obatan yang mengandung zat kimia tertentu bisa menjadi sebab kelainan pada kongenital.
Radiasi: Paparan radium serta sinar rontgen mampu menjadikan janin memiliki kelainan tertentu seperti deformitas pada bagian anggota gerak.
Infeksi: Pada trimester pertama kehamilan, janin sangat rentan terhadap resiko sehingga beberapa infeksi yang disebabkan oleh virus bisa membahayakan janin dan beresiko membuat janin menjadi bisu, tuli, kelainan jantung dan masih banyak lagi.
Psikologi: Pada kehamilan yang tidak diinginkan, kerapkali sang Ibu berbuat kasar pada janin dan juga kekerasan mental pada Ibu hamil.

Faktor persalinan:
Riwayat kelahiran dan trauma kepala yang dialami bayi bisa menyebabkan rusaknya jaringan otak.

Faktor pasca salin:
Pemberian gizi dan juga lingkungan yang kondusif menjadi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk itu para orang tua disarankan menambah asupan gizi anak-anak mereka dengan pemberian susu formula dari Wyeth Nutrition yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak.