Tips Merawat Mesin Cuci Piring Agar Selalu Bersih

Tips Merawat Mesin Cuci Piring Agar Selalu Bersih

Perkembangan zaman memang terus terjadi dengan semakin maju, dimana juga hal ini pun membuat perkembangan teknologi turut mengalami perubahan dari waktu ke waktu menjadi lebih canggih. Canggihnya perlengkapan teknologi terbaru membuat beragam aktivitas memang terbantu. Tidak terkecuali juga dalam hal mencuci piring. Sekarang ini sudah ada mesin cuci piring atau juga bisa disebutnya sebagai dishwasher yang memudahkan kita untuk mebersihkan noda dari piring maupun perlengkapan dapur lainnya tanpa perlu kita mencucinya satu per satu. Memang mesin untuk pencuci piring ini belum terlalu banyak dipunyai oleh sebagian besar masyarakat. Akan tetapi manfaatnya jelas sudah dirasakan oleh para penggunanya. Kegiatan di dapur tentu akan berkurang dengan bantuan mesin pencuci piring tersebut. Membersihkan dengan mesin pencuci piring juga sama efektifnya seperti mencuci pakai tangan.

Nah, mengingat bahwa mesin pencuci piring punya manfaat yang besar untuk membantu dalam mencuci piring, maka jelas menjadi sebuah hal yang penting untuk pemiliknya dapat selalu merawat dengan baik. Jika mesin cuci piring dipakai secara terus menerus tanpa dibersihkan, tanpa dirawat, pastinya hal ini dapat membuat mesin pencuci piring mudah rusak. Belum lagi juga jika tidak dibersihkan, maka sisa makanan yang kemungkinan besar bersarang di dalam mesin pencuci piring dapat beresiko mengundang bakteri untuk hinggap. Kalau bakteri sudah bersarang, maka hal ini pun dapat memicu terganggunya kesehatan keluarga. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat mesin pencuci piring agar tetap selalu bersih :

  1. Kosongkan mesin cuci piring terlebih dahulu.
  2. Tarik rak mesin pencuci piring ke arah luar dan cari lubang keluar airnya kemudian bersihkan daerah tersebut memakai kain bersih.
  3. Lepas penyaring air yang ada pada dalam bagian mesin pencuci piring. Lalu bilas menggunakan air bersih serta lap memakain kain bersih.
  4. Taruh secangkir cuka ke dalam dispenser yang ada di dalam mesin pencuci piring, kemudian taruk juga baking soda di pirik serta tempatkan di rak bagian paling atas dari mesin pencuci piring.
  5. Jalankan mesin pencuci piring serta biarkan cuka dan juga baking soda bekerja. Cuka punya zag antibakteri alami yang dapat untuk membersihkan berbagai perlengkapan rumah tangga. Sementara baking soda bersifat untuk melunakkan kerak maupun kotoran yang mengendap di dalam mesin pencuci piring.
  6. Jika beberapa saat mesin pencuci piring sudah dijalankan, berikutya matikan mesinnya dan buka mesin, kemudian bersihkan memakai kain bersih ataupun spons.

Cukup sederhana bukan untuk merawat mesin cuci piring ? Lakukan perawatan tersebut secara berkala agar kotoran di dalam mesin pencuci piring tidak menggumpal terlalu lama yang hanya akan menyulitkan untuk dibersihkan. Nah, selain itu, saat mencuci piring menggunakan mesin, jangan lupa untuk memilih sabun pencuci piring yang terbaik seperti Sunlight Jeruk Nipis 100 untuk hasil piring bersih maksimal.