Tips Rawat Pakaian Hijab dan Mukena

model pakaian hijab modis

Bagi seorang wanita muslimah, mukena tentunya jadi perlengkapan ibadah yang wajib untuk dimiliki. Untuk membuat saat-saat beribadah tetap khusyuk dan nyaman, menggunakan mukena yang wangi dan bersih menjadi wajib untuk dilakukan. Tidak hanya merawat mukena saja, pakaian hijab modis yang dimiliki juga penting untuk selalu dirawat setiap saat agar tetap awet dan terjaga kelembutannya. Baju yang tidak dirawat dengan baik bisa membuat kainnya menjadi belel, dan warnanya pudar. Hal ini tentu akan membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Belum lagi dengan mukena yang bau, yang akan sangat menganggu saat-saat beribadah.

Ketika hal ini terjadi, bukan berarti kita harus beli pakaian hijab lho ya. Mukena maupun baju yang masih layak digunakan juga bisa lho dibuat seperti baru lagi. Caranya?

Tips Merawat Pakaian Hijab Anda Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

  • Ketika selesai sholat, jangan lipat mukena dan disimpan di dalam lemar. Sebaiknya gunakan hanger dan gantungkan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini guna menghindari munculnya bintik hitam pada kain mukena, terutama di bagian lingkar kepala, dimana bintik hitam seringkali muncul karena kain yang basah dan dibiarkan lembab.
  • Sama seperti pada pakaian hijab, jangan lupa juga untuk mencuci mukena secara rutin minimal seminggu atau dua minggu sekali. Mukena yang bersih tentunya akan membuat ibadah pun terasa nyaman.
  • Punya mukena lebih dari satu. Kain mukena yang terlalu sering dipakai dan dicuci justru akan membuatnya rusak. Untuk itu akan lebih baik jika anda punya koleksi mukena lebih dari satu. Hal ini juga untuk antisipasi ketika mukena dicuci, maka anda bisa menggunakan mukena yang lain.
  • Tambahkan pelembut pakaian sebelum menjemur mukena. Misalnya anda bisa coba gunakan Molto White Musk. Selain bisa melembutkan, Molto White Musk ini juga akan membuat mukena menjadi harum dengan parfum yang begitu khas.

Itulah tadi beberapa tips dalam merawat mukena dan pakaian hijab. Dengan menggunakan pakaian dan mukena yang bersih, tentunya akan membantu membuat ibadah jadi lebih nyaman dan khusyuk.