Inisiasi Menyusui Dini Yang Sangat Direkomendasikan

Inisiasi Menyusui Dini Yang Sangat Direkomendasikan

ASI merupakan makanan utama bayi yang harus diberikan secara eksklusif yang umumnya di berikan selama 0 sampai dengan 6 bulan. ASI terbukti sebagai makanan utama yang berpengaruh sangat besar pada tumbuh kembang bayi. Sekarang ini sedang banyak dicanangkan sebuah proses lanjutan ketika bayi sudah terlahir ke dunia ini. Setelah ibu menjalani proses bersalin yang memakan cukup banyak waktu, buah hati ibu akan diletakkan di dada dan di biarkan untuk mencari sumber makanan pertama yang akan masuk kedalam tubuh sang bayi. Tak perlu di beri bantuan, bayi akan mencari-cari sembari menjilat-jilat dada ibu sampai berhasil menemukan ASI pertama yang masuk ke dalam tubuh bayi. Hal tersebutlah yang dinamakan dengan inisiasi menyusui dini. ASI pertama dari sang ibu masih mengandung colostrums yang memiliki nutrisi utama untuk menjaga kesehatan sang bayi sampai besar nanti. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam ASI ibu merupakan nutrisi terbaik dan terlengkap sebagai asupan makanan utama bayi sampai dengan waktunya berhenti.

Manfaat Proses Inisiasi Menyusui Dini

World health organization (WHO) telah merekomendasikan proses inisiasi menyusui dini atau disingkat menjadi IMD ini sebagai proses yang penting untuk dilakukan oleh ibu dan bayi yang baru lahir. Proses ini baik di jalankan selama satu jam pertama pada awal kehidupan sang bayi. Dengan melakukan proses ini bayi dan ibu sama-sama akan mendapatkan keuntungan atau manfaat yang besar. Manfaat dari melakukan proses IMD adalah sebagai berikut :

  • Memberikan kesempatan pada bayi untuk mendapatkan colostrums secara langsung.
  • Ketika kulit bayi yang baru lahir ke dunia ini bersentuhan dengan kulit ibu, maka akan membangun rasa kasih sayang semakin erat.
  • Proses ini juga menjadikan bayi yang baru terlahir terjaga kehangatannya ketika diletakkan ke dada sang ibu.
  • Bayi dan ibu menjadi lebih tenang dan membangun rasa nyaman pada bayi sembari menyedot ASI pertama.
  • Meningkatkan kesehatan buah hati ibu, daya tahan tubuh, serta proses pertumbuhan anak yang akan begitu terlihat pesat di umur 0 sampai dengan 1 tahun.

Banyaknya manfaat dari inisiasi menyusui dini ini menjadikan hal ini sangat penting untuk dilakukan. Namun di Indonesia sendiri masih belum banyak ditemui prosedur seperti ini karena bergantung pada kebijakan yang diterapkan dari pihak rumah sakit. Mengingat prosedur yang cukup sulit untuk dilakukan menjadikan banyak pihak rumah sakit yang tidak memaksakan kehendak untuk melakukan prosedur ini. terlebih lagi ketika sang ibu belum bisa memproduksi dan memberikan ASI. Maka di perlukan banyak treatment lain yang bisa dikatakan cukup ribet.

Walaupun proses ini cukup ribet namun inisiasi menyusui dini menjadi proses yang sangat baik untuk dilakukan. Sebelum menunggu kelahiran dari sang buah hati pastinya banyak sekali kebutuhan yang dibelanjakan. Salah satunya adalah peralatan mandi khusus untuk baby yang harus tepat dan aman bagi baby. Percayakan segala perlengkapan mandi bayi anda kepada Zwitsal. Berbagai produk yang dihadirkan akan memberikan keharuman, kehangatan, kenyamanan, serta keamanan pada bayi anda.