Cara Daftar Umroh dan Dokumen yang Perlu Disiapkan

Ibadah umroh merupakan sebuah ibadah yang seperti halnya ibadah haji, membutuhkan persiapan yang cukup banyak salah satunya adalah persiapan finansial. Hal tersebut tentunya karena untuk bisa berangkat umroh, Anda harus menyiapkan uang yang tidak sedikit. Walaupun biaya dapat ditekan dan tidak semahal berangkat ibadah haji, biaya yang dibutuhkan tetap pada kisaran puluhan juta rupiah. Selain biaya, yang perlu kita siapkan adalah berbagai syarat yang harus dilengkapi untuk mendaftar sebelum melakukan ibadah umroh. Berkas yang dibutuhkan mungkin sedikit banyak. Bagi Anda yang belum pernah bepergian ke luar negeri, mungkin akan merasakannya. Agar kita dapat mempersiapkannya dengan matang, sebelum berangkat umroh, mari kita cari tahu bagaimana cara daftar umroh dan berkas apa yang harus kita siapkan sebelumnya agar proses pendaftaran lancar dan tanpa halangan.

Cara daftar umroh dan prosedurnya biasanya hampir sama jika Anda menggunakan travel atau agen perjalanan khusus pemberangkatan ibadah umroh dan haji. Bagi Anda yang belum pernah pergi keluar negeri, Anda harus mengurus paspor terlebih dahulu. Passport dapat dibuat dengan cara online ataupun mendatangi langsung kantor imigrasi wilayah Anda. Cara online sebenarnya merupakan cara yang lebih mudah karena saat kita datang ke kantor imigrasi yang perlu kita lakukan hanya wawancara dan melakukan foto untuk paspor. Loket untuk pendaftar secara online tersedia khusus sehingga memudahkan kita dan memperpendek nomor antrian. Namun bagi Anda yang tidak terbiasa dengan proses online. Anda masih bisa mengurusnya dengan cara manual. Tentunya Anda akan sedikit direpotkan dengan acara mengantri dan sebagainya sehingga Anda harus menyiapkan waktu khusus untuk mengurusnya.

Jika Anda sudah memiliki paspor maka cara daftar umroh akan lebih mudah, karena yang paling rumit memang saat mengurus paspor. Nah, selain paspor yang masih berlaku sekurang-kurangnya 7 bulan pada saat pengurusan visa kita juga perlu menyediakan sarat lainnya. Yang pertama adalah 4 lembar pas foto dengan 80% fokus ke wajah bagi Anda para wanita yang berhijab dengan latar belakang putih sebanyak 4 lembar. Jika Anda sudah menikah, Anda perlu melampirkan surat nikah suami istri yang asli dengan disertai salinan KTP serta kartu keluarga. Jika Anda membawa anak, Anda juga perlu membawa akte kelahiran anak Anda. Menyertakan surat keterangan yang menerangkan bahwa Anda sudah melakukan suntik meningitis, serta menyerahkan uang muka dengan jumlah tertentu tergantung dari ketentuan agen perjalanan masing-masing.

Cara mendaftar umroh tersebut merupakan cara yang hampir sama di setiap agen perjalanan sehingga Anda bisa bersiap dari sekarang untuk mengumpulkan berkas tersebut terutama paspor sehingga pendaftaran Anda menjadi lebih lancar. Untuk pilihan agen umroh, Anda bisa menggunakan Abutours yang sudah sangat berpengalaman dalam memberangkatkan umroh dan haji sehingga Anda mantap dan nyaman beribadah di tanah suci.