Kuliner Khas Banyuwangi

Kuliner Khas Banyuwangi Ini Wajib Anda Cicipi

Kuliner Khas Banyuwangi – Banyuwangi kini kaya akan pesona wisata alamnya yang sangat populer. Seperti contohnya wisata pantai nya yang banyak dan khas. Tak hanya itu, buah khas Banyuwangi juga banyak seperti buah naga yang hasilnya melimpah ruah di kota ini. Kini, wisata kuliner di kota Banyuwangi tidak kalah jika dibandingkan dengan keunggulan lain kota Banyuwangi. Hal ini dikarenakan makanan khas daerah ini memiliki rasa yang khas dan cukup unik yang tentunya wajib anca cicipi ketika sedang berkunjung ke kota ini. Apa saja kira – kira? Ini dia kuliner khas Banyuwangi yang wajib anda cicipi :

  1. Kupat lodoh

Makanan ini bisa dijadikan makanan yang mudah ditemui ketika hari raya idul fitri dan idul adha. Kupat lodoh yang menu andalannya berupa ketupat dan ayam yang dimasak dengan bumbu lodoh menjadikan makanan ini khas dan enak. Tak hanya ditemui seperti hari besar saja, kini kupat lodoh bisa dengan mudah anda temui di Jl. Idjen , Glagah yang menyajikan makanan ini di warung pinggir jalan. Rasanya yang enak wajib untuk anda cicipi.

  1. Pecel rawon

Makanan ini merupakan sebuah kombinasi dari pecel dan rawon. Pecelnya yang terdiri dari berbagai macam sayuran dan diberi bumbu kacang, yang kemudian disiram dengan kuah rawon daging yang sangat lezat. Pecel rawon tentunya menggunakan nasi sebagai bahan utamanya. Satu porsi pecel rawon terdapat isian sayur rebus seperti tauge , bayam , kacang panjang dan tentunya sambal pecel yang ditambah kuah rawon. Kuliner ini lebih lezat jika dimakan ditemani kerupuk udan , empal sapi , peyek goreng , dan lain sebagainya. jangan lupa mencicipinya ketika anda sedang berada di Banyuwangi.

  1. Sop kesrut

Makanan ini sangat populer bagi orang Banyuwangi. Sop kesrut terbilang unik dan juga sederhana. Makanan ini berisi soup yang kaldunya sangat kental dan juga balungan ayam membuat rasanya yang nikmat. Rasa kaldunya yang khas dan gurih  sekaligus pedas menunjukkan bahwa makanan ini berasal khas dari Banyuwangi. Makanan ini memiliki rasa yang pedas, tapi yang menjadikannya unik adalah selalu menyajikan sambal tempong yang juga sangat pedas. oleh karena itulah, makanan ini dinamakan sop kesrup yang membuat hidungnya seperti “kesrup – kesrup” sangking pedasnya makanannya.

Nah, itu tadi foodies beberapa kuliner khas Banyuwangi yang wajib anca cicipi. Rasanya dan hasil olahannya berbeda dengan yang lain membuat makanan ini banyak digemari oleh para wisatawan yang mengunjungi Banyuwangi ini. Sebenarnya, banyak sekali makanan khas Banyuwangi yang wajib anda cicipi. Yang penulis bagikan itu tadi hanyalah sebagian yang paling umum dan yang penulis sarankan. Demikian informasi yang bisa penulis bagikan, semoga bermanfaat bagi anda para pembaca. selamat mencobanya dan terima kasih.

Sumber : https://www.royco.co.id/