resep sop buntut

Langkah Mengolah Resep Sop Buntut Agar Menjadi Empuk

Membuat sebuah resep sop buntut itu tidaklah mudah karena membutuhkan waktu yang tidak lama dalam proses pembuatannya, namun memang hasil yang didapatkan nantinya akan sangat nikmat. Tapi terkadang kesalahan dalam pembuatan maupun kurangnya bahan yang digunakan dapat membuat sop buntut menjadi tidak empuk seperti biasanya dan kurang memiliki rasa yang nikmat. Karena itu ketelitian dan pemahaman dalam membuat sop buntut harus sangat dipahami dengan baik sehingga bisa mendapatkan sop yang memiliki rasa sangat enak dan tidak kalah dengan masakan yang dibuat oleh restoran restoran besar yang ada.

Selain itu beberapa masalah yang membuat banyak pembuatnya merasa kurang tertarik untuk membuatnya adalah sulitnya menghilangkan lemak yang ada pada bagian daging sapi yang digunakan. Walaupun beberapa orang lebih menyukai untuk memakan sop ini dengan tambahan lemaknya untuk menambah cita rasanya, namun sebagian lainnya merasa lemak tidak perlu dikonsumsi sehingga lebih memilih menghilangkannya dari resep sop buntut. Lemak dari daging yang digunakan memang bisa dihilangkan namun membutuhkan proses yang sedikit panjang bersamaan dengan proses pengolahan hingga daging bisa menjadi empuk. Dan berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan dalam membuat resep sop buntut dengan tekstur yang sangat empuk dan memiliki rasa yang nikmat tanpa adanya lemak yang mengganggu.

  1. Rebus buntut yang sudah disiapkan selama 10 hingga 15 menit dalam air yang sudah mendidih terlebih dahulu, jika sudah kemudian langsung buang airnya yang sudah digunakan untuk merebus.
  2. Setelah itu masukan buntut tersebut kedalam panci dengan air yang sudah mendidih, tambahkan pula kayu manis, kemudian cengkeh, biji pala dan juga tambahkan bawang putih. Masak bahan bahan tersebut hingga air mulai menyusut dan siap untuk dilakukan tahapan selanjutnya.
  3. Dinginkan panci yang berisi buntut tersebut hingga sudah tidak panas kembali dan kemudian masukkan panci kedalam lemari pendingin selama satu malam. Setelah semalam maka lemak dari buntut akan naik ke permukaan air dan terpisah dari bagian dagingnya yang kemudian tinggal dibuang sehingga lemak tidak ikut termasak pada sop nantinya.
  4. Sekarang tingggal membuat sop buntut ini dengan merebus terlebih dahulu buntut kedalam air yang sudah mendidih. Kemudian masukkan bahan bahan sop ini seperti wortel, kentang, kemduian kol dan beberapa bumbu lainnya seperti garam dan juga merica.
  5. Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat tambahkan pula Royco kaldu bubuk rasa sapi, jika sudah kemudian tinggal memasaknya hingga sop siap untuk disajikan. Disarankan untuk disajikan dalam keadaan hangat karena dapat membuat kenikmatan dalam memakannya jauh lebih terasa.

Demikian beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mengolah resep sop buntut sehingga memiliki tekstur yang sangat lembut dan tidak memiliki lemak yang dapat mengurangi rasa dari sop ini.